Sports

Sports

Seandainya Kevin De Bruyne Tidak Cedera

TrenIndo - Banyak pihak yang bertanya-tanya mengenai faktor yang membuat performa Manchester City sangat memprihatinkan di dua bulan terakhir. Pecinta sepakbola dan terlebih khusus fans dari tim berjuluk Sky Blues adalah segelintir orang yang mempertanyakan hal tersebut. Dengan harapan besar, setelah pengumuman akan bergabungnya Pep Guardiola bersama klub Manchester biru musim depan, justru membuat penampilan The Citizens makin melempem.

Hal yang sangat disayangkan terutama oleh pendukung setia klub yang berdiri tahun 1880 ini, padahal akhir bulan Januari sebelumnya mereka berhasil mendapatkan piala liga dengan mengalahkan Liverpool  di final. Sindiran lewat meme sang arsitek, Manuel Pellegrini, yang seakan dengan sengaja membuat tim semakin terpuruk pun bertebaran di mana-mana, termasuk lewat media sosial twitter, facebook, dan sejenisnya.

Bukan bermaksud untuk membela pelatih berkebangsaan Chili ini, namun penampilan City yang boleh dikatakan tidak berada pada kualitas sebenarnya, lebih banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor selain kesengajaan, salah satunya adalah hilangnya beberapa personil tim akibat cedera.

Samir Nasri, Kevin De Bruyne, Fabian Delph, Vincent Kompany, Nicolas Otamendi adalah daftar nama-nama yang harus absen karena cedera. Nasib sial pun kembali menerpa skuat asuhan dengan ditambahnya Raheem Sterling dan Joe Hart yang cedera pada pertandingan kemarin saat City dikalahkan Manchester United, 1-0 di Old Trafford. Dari sekian banyak pemain yang dihantam badai cedera, ada satu nama yang cukup vital.

Kevin De Bruyne, pemain asal Belgia yang ditebus dengan mahar 55 juta poundsterling di awal musim langsung menjelma menjadi kunci permainan juara Liga Inggris musim 2013-2014 ini.

 

Manuel Pellegrini pernah mengeluh soal cedera yang menerpa pemain kelahiran 28 Juni 1991 ini. Sangat wajar karena sebelum dia cedera, City masih menempati urutan kedua Liga Inggris, dan berlaga di 3 turnamen lainnya (UCL,FA Cup, Capital One Cup). Pellegrini berkata, “Pada saat dia cedera, dia sedang berada dalam kondisi terbaik dan berperan penting. Selalu menjadi sesuatu yang penting saat dapat memainkan pemain-pemain terbaik terutama ketika para pemain itu sedang dalam kondisi 100%.”

“Sangat disayangkan bagi dirinya tidak dapat melanjutkan performa terbaiknya karena cedera. Sekarang saya hanya bisa berharap dalam dua bulan terakhir di musim ini dia dapat kembali dan menampilkan penampilan terbaik karena dia adalah salah satu pemain kunci.”

Sebelum cedera, De Bruyne telah berkontribusi dalam hal gol dan umpan berbuah gol (assist). Total 12 goals dan 12 assists telah dihasilkan lewat penampilan luar biasa di musim pertamanya setelah hijrah dari Wolfsburg. Sebelum mantan pemain Genk dan Chelsea ini diterpa cedera ligamen pada semifinal piala liga melawan Everton (City unggul 3-1),  mereka hanya kalah sekali sejak awal Desember.
 
Enam minggu mengikuti absennya pemilik nomor punggung 17 ini, The Citizens menderita 4 kekalahan, 2 hasil seri dan hanya  2 kali merasakan kemenangan di Liga Inggris. Belum lagi kekalahan memalukan dari Chelsea dengan skor telak 5-1 di ajang FA Cup.
 
Satu-satunya hasil yang positif yang mungkin dapat dibanggakan City adalah masih berlaganya klub Manchester biru di Liga Champion dan akan berhadapan dengan PSG di perempat final.
 
 
Statistik Tim Manchester City di EPL (whoscored)
 
Pellegrini berharap dia bisa memainkan De Bruyne dan David Silva ketika kedua pemain itu sedang dalam performa terbaik. “Hal terpenting sekarang adalah memainkan mereka berdua dalam momen-momen krusial. Bukan hanya satu pemain. Apabila kami dapat menduetkan Kevin dan David pada momen yang sama, City akan menjadi tim yang berbeda. Kita tak bisa melakukan apa-apa dikarenakan ketika David sedang bagus-bagusnya, Kevin tidak fit 100%. Sekarang banyak hal yang berubah. Saya berharap di saat-saat terakhir musim ini, kita dapat menyaksikan duet mereka berdua kembali.”
 
Pemain termahal kedua Liga Inggris (setelah Angel Di Maria) ini, diharapkan akan kembali berlaga bulan depan dan tidak akan memperkuat timnas Belgia di saat jeda internasional akhir Maret ini. “Kevin akan bertahan di sini,” ujar Pellegrini. “Dia tidak bisa membela timnas. Mungkin dia dan Samir Nasri (cedera hamstring) akan bermain kembali bulan depan, begitu juga dengan Fabian Delph (cedera betis). Mereka akan bermain satu atau dua pertandingan bersama tim U21 untuk memaksimalkan periode waktu yang hilang selama ini.”
 
Beberapa performa gemilang Kevin De Bruyne (KDB) musim ini sebelum mengalami cedera ligamen lutut lewat timeline:
19 September, walaupun City dikalahkan West Ham 2-1, dia mencetak gol pertamanya
22 September,  Dia mencatatkan namanya di papan skor saat membungkam Sunderland 4-1 di ajang piala liga.
26 September, playmaker asal Belgia membuat gol pertama lawan Tottenham Hotspur di mana pertandingan berakhir bagi kemenangan Man. City 4-1.
3 Oktober, dia mencetak dan berkontribusi besar dalam kemenangan telak 6-1 melawan Newcastle.
2 Oktober De Bruyne masuk menjadi kandidat penganugerahan prestisius FIFA Ballon D'Or, bersama dengan rekan satu tim, Sergio Aguero dan Yaya Toure.
20 Oktober, hanya berselang 18 hari, diumumkan FIFA masuk ke dalam daftar 23 pemain nominasi Ballon D'or.
21 Oktober De Bruyne mencetak gol penentu kemenangan City atas Sevilla saat pertandingan memasuki injury time. Hal ini membuat City menjadi pimpinan klasemen fase grup UCL, beda 1 poin dengan peringkat kedua, Juventus.
28 November, lawan Southampton F.C. De Bruyne hanya membutuhkan waktu 9 menit untuk dapat mencetak gol kembali.
1 Desember, 2 gol dihasilkan KDB saat menghadapi Hull City. Kemenangan 4-1 meloloskan City ke babak semifinal Capital One Cup (Juara)
26 Desember (Boxing Day)  De Bruyne mencetak 1 gol dan 2 assists dalam kemenangan 4–1 lawan Sunderland.
27 Januari 2016 De Bruyne mencetak gol di semifinal Capital One Cup yang berakhir dengan kemenangan 3-1 kontra Everton, tapi mengalami cedera lutut kanan, membuatnya harus bertepi selama 10 minggu hingga saat ini.
Melihat fakta-fakta di atas mungkin dapat  memunculkan pertanyaan baru bagi para penikmat sepakbola khususnya suporter klub dengan 4 gelar Liga Inggris. Kemungkinan apa yang dapat terjadi andai saja Kevin De Bruyne tidak mengalami cedera?
(RBT)


Pasar Segar