Politik & Pemerintahan

Politik & Pemerintahan

Horeee... Kini Sulawesi Utara Bebas Visa Turis

Manado, TrenIndo.com - Ini kabar gembira bagi dunia pariwisata di Sulawesi Utara. Pasalnya, Presiden  Joko Widodo telah mengeluarkan keputusan terkait bebas visa bagi turis mancanegara yang masuk ke negara ini lewat darat, laut dan udara. Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 21 Tahun 2016 sudah berlaku sejak Maret ini.

 

"Ada 169 negara dapat masuk kepemeriksaan imigrasi darat, laut dan udara dengan bebas visa. Itu tertuang dalam Kepres Nomor 21 Tahun 2016 sudah ditandatangani pak Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2016 lalu, dan sambil menunggu peraturan Menteri Hukum dan HAM, untuk pelaksanaannya pak Dirjen Imigrasi pak Ronny Sompie sudah mengeluarkan surat dinas tertanggal 19 Maret dan 22 Maret. Ini juga sudah kami sampaikan ke pak gubernur," ujar Kepala Kantor Imigrasi Manado, Montana Rengkung, kepada wartawan usai bertemu gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Selasa (29/3).

 

Rengkung menjelaskan, dari 169 negara yang bebas visa masuk ke Indonesia sudah termasuk negara-negara di Asia Tenggara. Malahan kaya dia, negara-negara di Asia Tenggara sudah terlebih dulu.

 

"Jadi ini sudah dimulai sejak 22 Maret. Besok ada penerbangan, kita sudah bisa mengetahuinya sebagai tindaklanjut Kepres 21 tahun 2016,"jelas Rengkung.
Terkait pendapatan yang berkurang akibat bebas visa ini, Rengkung enggan menyampaikan kepada wartawan. Hanya saja kata dia, jika selama ini turis membayar visa on arrival sebesar $35 kini sudah tidak lagi.

 

"Ada juga wisatawan yang akan tinggal lebih dari 30 hari, tentu kita akan beri visa on arrival. Jadi 30 hari bisa diperpanjang 30 hari lagi,"ucapnya.(mar)

 

Foto: KEPALA Kantor Imigrasi Manado, Montana Rengkung saat diwawancarai sejumlah wartawan.(foto IST)


Pasar Segar