Manadopolitan

Manadopolitan

Gara-gara 3 Bulan Tidak Gajian, Cleaning Service di Kantor Gubernur Sulut Terpaksa Makan Sekali Sehari

Manado, trenIndo.com - Tenaga cleaning service yang bekerja di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara mengeluh karena sudah 3 bulan gaji mereka belum dibayar. Informasi yang berhasil dirangkum trenIndo.com menyebutkan, proses pencairan gaji itu melalui pihak ketiga pemenang tender.


"Ya, mau apa lagi. Kami sudah bingung mau bagaimana, gaji tiga bulan belum dibayar. Kami sudah menghadap pak wakil gubernur, kemarin juga sudah bertemu pimpinan DPRD Provinsi tapi hasilnya sama,"ujar mereka, Rabu (06/04/2016).


Salah satu cleaning service juga menyampaikan, 3 bulan tidak terima gaji membuat dia dan keluarganya kesulitan untuk membiayai keperluan sehari-hari, termasuk soal makan.


"Pernah beberapa kali kami hanya makan sekali sehari. Itu pun saya hutang di warung. Untung saja masih ada yang percaya,"ucapnya dengan mata berkaca-kaca.


Sebelumnya kepada wartawan, Karo Umum Setdaprov Sulut Jimmy Ringkuangan AP.Msi menuturkan, Pemprov Sulut melalui Biro Umum telah mengupayakan adendum bagi pemenang tender agar membayarkan gaji para cleaning yang menunggak, agar pekerja tetap mendapat upah.


“Pemprov Sulut juga berharap pihak ketiga untuk tetap memakai jasa para pekerja yang sudah ada, dan bekerja dengan baik,” tandas Ringkuangan.


Diketahui, para pekerja ini sudah menyampaikan nasib mereka kepada Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw. Dalam pertemuan di ruang kerjanya, Wagub menjelaskan, pencairan gaji para tenaga cleaning melalui pihak ketiga pemenang tender.


“Gaji para cleaning harus melalui pihak ketiga, dan tender masih dalam proses,” ujar Kandouw.


Dikatakannya, pembayarannya akan dilakukan secepatnya tanpa mengesampingkan prosedur dan aturan yang ada. Wagub menjelaskan, anggaran bagi cleaning service bila ditotal melebihi Rp. 1 Miliar per tahun.


“Kalau ada yang malas akan dievaluasi. Yang sudah baik, saya harap tingkatkan lagi kinerjanya,”tandas Kandouw. Diketahui untuk pencairan gaji para tenaga cleaning service melalui pihak ketiga pemenang tender.(mar)


Pasar Segar