Daerah

Daerah

Dana ODSK di Bolsel Capai Rp 4 Miliar

Bolsel, trenindo.com - Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang di canangkan Gubernur Olly Dondokambey beberapa waktu lalu di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Buktinya, tahun 2016 ini, dana alokasi program ODSK mencapai Rp 4 Miliar. Bupati Bolsel, Hi Herson Mayulu SI.P menyampaikan, program ODSK nantinya akan dianggarkan APBD Perubahan.

“Dana ini untuk membantu keluarga-keluarga yang miskin yang rumahnya tak layak huni. Rumah tersebut akan kita sulap menjadi rumah layak huni. Sebagaimana contoh yang sudah ada di desa Tabilaa dan Desa Tolondadu Kecamatan Bolaang Uki. Rumah seperti itu yang akan kita bangun nantinya,"jelasnya.

Herson menuturkan, bantuan pembangunan rumah merupakan program pemerintah untuk membantu warga miskin. Kata dia juga, program ini menjadi salah satu program unggulan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), yang ditugaskan Presiden untuk menangani masalah perumahan.

"Pembangunan rumah warga miskin ini juga turut membangun budaya gotong royong di masyarakat agar tetap terjaga dengan baik,"ujarnya.
Dia kemudian menjelaskan, kemiskinan itu memiliki beberapa indikator, salah satu indikatornya adalah rumah.

“Rumah itu terdiri dari atap, lantai, dinding, MCK dan air bersih untuk minum. Jika kelima hal tersebut sudah dapat ditangani dan diatasi, maka masyarakat miskin setiap tahunnya akan berkurang dan bisa teratasi, misalnya ada 1.000 warga miskin di suatu daerah dan akan dibantu 100 rumah, itu artinya akan mengurangi angka kemiskinan sebanyak 10 persen di daerah. Ini sangat efektif karena pemerintah tidak bekerja sendiri tapi dibantu oleh masyarakat juga,"tandasnya.(lol)

 

Foto : Rumah yang tidak layak huni.(Ilustrasi)


Pasar Segar