Technology

Technology

Anak 11 tahun ini miliki IQ lebih tinggi dari Einstein dan Hawking

Trenindo.com - Bayangkan jika ada seseorang yang memiliki IQ yang lebih tinggi dari Einstein. Memang banyak sekali orang yang memiliki IQ tinggi, namun tak terekspos. Dan beberapa di antaranya adalah para Grandmaster catur. Tentu mudah dibayangkan betapa pintarnya mereka.

Namun, ada seorang anak berumur 11 tahun, yang mempunyai IQ lebih tinggi dari Albert Einstein, dan juga Stephen Hawking!

Dilansir dari Yahoo UK (15/3), Kian Hammer, yang memiliki skor 162 di tes Cattell II B, berada dua poin di atas dua orang jenius dalam bidang sains tersebut. Anak yang berasal dari Coventry, West Midlands, Inggris ini, melakukan tes bersama teman-teman sekelasnya di sekolah Woodlands Academy, pada bulan lalu.

Atas skornya yang luar biasa, dia menjadi salah satu anggota termuda dari Mensa. Mensa adalah sebuah organisasi non-profit yang berada di seluruh dunia, beranggotakan para jenius dengan IQ di atas superior.

Menurut Ann Clarkson, juru bicara dari Mensa Inggris, Kian bergabung dengan 4 orang anggota lain seumurnya, yang dapat mencetak skor sebaik ini. Bahkan ini pertama kali dalam 30 atau 40 terakhir. Meski demikian, sang juru bicara tidak terlalu setuju untuk membandingkan Kian dengan Einstein maupun Hawking. hal ini tentu karena kontribusi dalam dunia sains tak melulu hanya dilihat dari kapasitas IQ.

"Itu adalah skor yang sangat bagus, namun akan lebih baik jika tak membandingkannya dengan Einstein maupun Hawking," ungkap Ann Clarkson kepada The Huffington Post.

Tes dengan tipe 'Cattell' yang dijalani oleh Kian, ternyata lebih terfokus pada 'pemikiran verbal,' di mana nilai 100 adalah angka rata-rata. meski demikian, Kian yang merupakan anak dari seorang pemadam kebakaran di Coventry, menyatakan bahwa "Aku sangat bangga bisa meraih nilai yang bagus."

Meski sadar memiliki skor yang luar biasa, ambisi si kecil Kian bukanlah jadi penemu di bidang sains, atau jadi ilmuwan. Ambisinya adalah jadi seorang pesepakbola professional. Saat ini dia bermain di klub Coventry City U-12. (merdeka)


Pasar Segar