Life Style

Life Style

5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Saat Membeli Furniture

Jakarta - Ketika berbelanja furniture beberapa wanita lebih tergiur akan desain dan warnanya. Padahal ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah beli yang bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari. Ingat, furniture digunakan bukan untuk satu atau dua bulan saja tapi tahunan. Oleh sebab itu, cerdaslah ketika belanja furniture. Berikut lima kesalahan umum yang sebaiknya tidak Anda lakukan ketika membeli furniture.

1. Tergiur dengan Diskon atau Harga Murah
Banyak wanita maupun pria yang tergiur dengan diskon dari toko atau dibanderol dengan harga yang sangat murah. Ini yang penting diperhatikan. Memang tidak semua furniture dengan harga murah berarti 'murahan' tapi Anda juga perlu berhati-hati.

Jangan karena harganya murah Anda langsung membelinya saja, coba tanyakan kepada toko apa jenis kayunya serta mengapa harganya murah. Bandingkan dengan furniture sejenis lain sebelum membelinya. Anda bisa membandingkan harga lewat internet atau hunting langsung ke toko-toko furniture di area tempat tinggal Anda. Sebaiknya untuk furniture yang bagus beli dengan harga yang wajar dan sesuai seperti kualitasnya.

2. Tak Tahu Harga Pengiriman Barang
Tidak seperti membeli pakaian, saat belanja furniture barang akan dikirim dalam waktu yang telah ditentukan. Umumnya beberapa wanita lupa berdiskusi akan harga pengiriman barang dengan pemilik toko. Anda perlu mendiskusikannya sejak awal agar tidak ada salah komunikasi ke depannya.

3. Tidak Disesuaikan dengan Ukuran Ruangan
Tak sedikit wanita maupun pria yang tergiur dengan desain furniture-nya saja tanpa mengukur ruangannya terlebih dahulu. Beberapa dari mereka juga hanya menebak-nebak luas ruangannya karena malas mengukurnya. Bila furniture yang dibeli terlalu besar atau kecil tentu akan kurang bagus ketika melakukan penataan rumah. Maka dari itu, ukur lebih dahulu luas ruangan untuk meletakkan furniture tersebut agar tidak kecewa.

4. Tak Mendapatkan Penjelasan Diawal
Dilansir dari Time, banyak pembeli yang kurang detail saat belanja furniture. Ini bisa menyebabkan Anda rugi dan komunikasi yang salah ke depannya terutama bila sudah membayar penuh diawal. Coba minta penjelasan secara detail mengenai estimasi waktu produksi dan pengiriman barang. 

Jika barang rusak saat dikirim, apa kompensasi yang Anda dapatkan? Begitu pula bila barang sulit diproduksi karena keterbatasan bahannya lalu mendadak diganti bagaimana dengan harganya? Hal seperti ini harus jelas sejak awal membeli. Jika terjadi sesuatu dan Anda tidak mendapatkan furniture yang telah dipesan, pastikan Anda memperoleh pengembalian uang 100%.

5. Tergiur Penawaran Kredit
Salah satu kesalahan saat membeli furniture adalah tertarik penawaran kredit. Ingat, furniture bukanlah kebutuhan primer hanya pelengkap. Beli furniture sesuai dengan kemampuan Anda jangan malah jadi hutang. Utamakan furniture yang memang dibutuhkan bukan hanya sebagai penghias ruangan.  (dtk)


Pasar Segar